Klenteng Sam Poo Kong

Libur panjang adalah hal yang paling menyenangkan bagi setiap orang entah itu anak kecil, anak muda, orang tua, kakek-nenek.Apalagi liburan bersama keluarga maupun orang-orang terdekat. 
Liburan lebaran tahun lalu aku sekeluarga bingung mau kemana haha mau pulang kampung jauh banget ke Medan. Akhirnya kita mulai carik nih beberapa destinasi liburan. Awalnya mau liburan di Malang, Batu walaupun berkali-kali kesana suasananya emang ga mbosenin yaah apalagi daerah batu yang hawa dingin banget kalau udah menjelang sore ke malang. Tapi skip dulu deh liburan ke Kota Batu. Banyak banget destinasi liburan yang disediakan tapi akhirnya kita memilih berlibur ke Kota Semarang. Pasti kalian tau kan yah disan terkenal dengan lumpia dan tahu baksonya hihi. Selain kuliner, destinasi liburan di Kota Semarang juga banyak kok. Mulai dari Lawang Sewu tentunya terus ada kelenteng Sampookong, Kampung Pelangi seperti Jodipan malang dan masih banyak lagi. Tapi kali ini aku mau menceritakan tentang wisata Kelenteng Sam Poo Kong.

Jadi Kelenteng Sam Poo Kong merupakan bekas tempat persinggahan dan pendaratan pertama seorang Laksamana Tiongkok yang bernama Zheng He / Cheng Ho. Tempat ini biasa disebut Gedung Batu, karena bentuknya merupakan sebuah Gua Batu besar yang terletak pada sebuah bukit batu. Terletak di daerah Simongan, sebelah barat daya Kota Semarang.Bangunan di Kelenteng ini hampir semua bernuansa merah bangunan China. 

Salah satu hal yang membuat daya tarik tempat ini adalah adanya patung Laksamana Cheng Ho, yang cukup menarik untuk dinikmati. Waktu aku dan keluarga ku berlibur disana ada pentas seni tari Barongsai di tribun panggung yang luas dan beberapa kesenian China. Selain itu disana kalian bisa foto ala-ala Korea di lengkapi dengan Hanbook (pakaian tradisional Korea Selatan) yang indah. kalau ga salah kalian bisa menyewa dengan harga Rp 130.000,00 sepaket dengan foto. Selain itu, disana juga menjual beberapa buah tangan khas semarang dan barang-barang khas China. Bagus banget tempat ini menurutku karena selain kalian berlibur, kalian juga bisa mengenali sejarah tentang bangunan ini dan kehidupan warga china pada waktu pimpinan Cheng Ho.

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Apa itu semiotika ?

Ma fav watercolor set